Janet Yellen Akan Segera Tinggalkan The Fed Setelah Pelantikan Powell

Janet Yellen Akan Segera Tinggalkan The Fed Setelah Pelantikan Powell

SAHAM.NEWS – Gubernur The Federal Reserve (The Fed), Janet Yellen akan segera melepaskan jabatannya sebagai pimpinan dewan setelah Jerome Powell resmi dilantik untuk menggantikan dirinya memimpin Bank Sentral AS. Seperti yang diketahui, Powell telah resmi ditunjuk oleh Presiden Donald Trump untuk menggantikan Yellen pada awal November lalu.

Powell yang juga merupakan anggota The Fed harus terlebih dahulu mengantongi persetujuan dari Senat sebelum menduduki jabatan barunya. Keputusan tersebut akan diambil dalam sidang Senat yang dilaksanakan minggu ini. Jika disetujui, Powell akan memimpin The Fed selama empat tahun per Februari 2018 mendatang.

Dilansir dari Reuters, Yellen telah menyampaikan surat kepada Trump dan berjanji akan melakukan yang terbaik demi memastikan kemulusan proses transisi kepemimpinan tersebut. Dalam suratnya itu pula, Yellen menyatakan kepuasannya melihat peningkatan ekonomi AS yang substansial sejak krisis. Ia menyatakan bahwa keadaan perekonomian AS saat ini telah sangat dekat dengan tujuan Undang-Undang Ketenagakerjaan dan kestabilan harga yang telah ditetapkan.

Yellen telah menorehkan kinerja yang sangat baik selama 4 tahun menjabat sebagai Gubernur The Fed. Perempuan pertama yang menduduki kursi tertinggi di Bank Sentral AS ini telah membuat berbagai kebijakan moneter yang memperkokoh perekonomian AS sehingga mencapai titik yang lebih stabil setelah krisis keuangan tahun 2007-2009.

Nama Yellen sempat dicalonkan kembali dan bahkan diprediksikan dapat memegang jabatannya hingga 2024. Namun Trump memutuskan untuk mengganti Yellen karena terkesan dengan pengalaman Powell yang juga pernah bergelut di sektor swasta. Penggantian ini juga memberikan ruang gerak yang lebih luas kepada Trump untuk membentuk Bank Sentral AS sesuai dengan visi dan misi dibawah pemerintahannya. Dengan keputusan ini, Trump akan dapat menunjuk 5 dari 7 calon anggota dewan The Fed untuk mengisi kursi jabatan disamping Randal Quarles sebagai wakil ketua pengawasan bank. Selain itu, telah menjadi hal yang lumrah dan terhormat bagi pemimpin The Fed untuk turun dari jabatannya dan memberikan kesempatan bagi generasi penerus.