Komentar Menteri Energi Saudi Lambungkan Harga WTI ke $52

144
Komentar Menteri Energi Saudi Lambungkan Harga WTI ke $52

SAHAM.NEWS, JAKARTA – Pernyataan Menteri Energi Arab Saudi, Khalid Al-Falih pada Konferensi Investasi yang diadakan di Riyadh, Selasa (24/10) diartikan sebagai sentimen positif bagi para investor yang menyebabkan kenaikan harga minyak mentah. Tercatat, West Texas Intermediate (WTI) kembali menembus level US$52,00 per barel, sementara minyak Brent melampaui level US$58,00 per barel pada penutupan perdagangan Selasa (24/10).

Khalid Al-Falih menjelaskan bahwa Saudi akan terus mengupayakan segala cara agar dapat menurunkan jumlah inventori minyak mentah dunia serta memangkas jumlah produksi minyak untuk mengembalikan supply minyak ke level normal.

Sejak Januari 2017 ini, OPEC telah berhasil memangkas persediaan minyak dunia sebanyak 180 juta barrel. Persediaan minyak mentah di Amerika Serikat juga telah berkurang sebesar 2,5 barrel pada minggu terakhir. Hal ini berujung pada pemulihan harga minyak yang sempat menyentuh level terendah mencapai $30,00 per barel pada 2016 dan diperdagangkan diatas  $57,00 pada Selasa lalu setelah komentar Khalid Al-Falih. Namun, harga minyak saat ini masih sangat rendah, setengah dari harga minyak pada pertengahan tahun 2014.

Saat ini OPEC masih harus memangkas 160 juta barrel untuk mencapai level tersebut yaitu di kisaran rata-rata lima tahun sehingga OPEC sedang berdiskusi untuk kembali memperpanjang perjanjian pemotongan jumlah produksi yang telah diterapkan dari awal tahun ini.

 

Leave a Reply