Kookmin Bank Pembeli Siaga Bukopin, Analis Pasang Target 1165

SAHAM.NEWS, JAKARTA –  Aksi right issue PT Bank Bukopin yang sempat mundur dari bulan juni mulai menunjukkan angin segar. OJK Telah menyetujui  KB Kookmin Bank menjadi pembeli siaga (standby buyer) dari saham Bank Bukopin melalui Hak Memesan Efek terlebih Dahulu (HMTED).
Pada proses Penawaran Umum Terbatas IV (PUT IV) kepada para pemegang saham perseroan kali ini, total saham yang ditawarkan sebesar 2,73 miliar saham Kelas B dengan harga Rp 100 per lembar saham. KB Kookmin Bank telah berkomitmen untuk menjadi pembeli siaga sisa saham yang tidak dieksekusi.
“Sebesar 2,56 miliar saham (yang tidak diambil pemegang saham) pada harga penawaran sebesar Rp 570 per lembar saham,” ujar Rachmat Kaimuddin, Direktur Keuangan dan Perencanaan PT Bank Bukopin Tbk.

 

Sedangkan Pihak PT Bosowa Corporindo sendiri menyatakan tidak akan mengeksekusi haknya dalam PUT IV in.  Saham BBKP dimiliki Bosowa Corporindo 30 persen, Koperasi Pegawai Bulog Seluruh Indonesia (Kopelindo) 18,09 persen, pemerintah Indonesia sebesar 11,43 persen, dan sisanya 40,48 persen dimiliki masyarakat.
“Apabila dilihat valuasi bank bukopin ini ditambah dengan right issue untuk masuknya KB Kookmin Bank maka Saham ini tidak dapat dilihat berdasarkan harga right issue maupun PBV saja melainkan nilai buku dan potensi kredit setelah KB Kookmin masuk, sehingga valuasi BBKP dapat berkisar antara 1000-1200 ya 1165 1170 berdasarkan teknikal fundamental.” ujar Stephen Limboeno, Analis Somerset Capital.

Facebook Comments