Setiap orang sebagian besar ingin berinvestasi, apalagi memikirkan bahwa keuntungan yang akan didapatkan lewat investasi tentu menguntungkan investor di masa yang akan datang. Bagi orang yang baru merencanakan investasi, sebaiknya hal-hal berikut ini harus dipahami dengan baik.

  1. Alokasi Dana yang Akan Diinvestasikan

Memulai investasi bisa ditentukan sejak awal dengan cara menyediakan dana khusus diluar kebutuhan sehari-hari. Dana khusus tersebut tidak harus berjumlah besar karena saat ini sudah ada banyak tempat dan jenis investasi dengan dana minim.

  1. Menentukan Jenis Investasi yang Tepat

Pada kegiatan investasi, ada 3 faktor yang akan mempengaruhi optimal atau tidaknya investasi Anda. Faktor tersebut adalah modal, risiko, dan tujuan. Bagi Anda yang ingin memulai investasi dengan modal kecil, pilihan investasi untuk pemula sudah banyak tersedia dan tinggal anda menentukan jenis investasinya agar sesuai dengan 3 faktor utama yang Anda miliki. 

  1. Menentukan Waktu Investasi

Waktu investasi yang tepat adalah saat anda sudah mengetahui secara pasti berapa modal yang akan anda tanamkan, memahami risiko yang akan dihadapi, dan Anda mengetahui dengan jelas tujuan yang akan dicapai. Ketika tiga faktor tersebut sudah dikuasai, anda sudah siap untuk melakukan investasi.

  1. Perhitungan Untung-Rugi dan Pengelolaan Keuangan

Perlu dicatat bahwa investasi tidak akan memberikan jaminan mutlak apakah investor akan untung dan rugi. Maka dari itu, pemahaman investasi sangat perlu untuk dimiliki. Biasanya investor akan menerapkan sistem diversifikasi untuk meminimalisir resiko kerugian, sedangkan dalam pengelolaan keuangan, harus dipisahkan antara pengelolaan pendapatan dan pengelolaan keuangan sehari-hari.