Lebih dari 5.000 Investor Dengan Portofolio Triliunan Dolar Datang ke Indonesia

Berita Analisa Saham IHSG ndonesia
SAHAM.NEWS, JAKARTA – Dengan diadakannya pertemuan tahunan Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia di Bali, 8-14 Oktober 2018 nanti. Pihak Bank Indonesia memprediksi bahwa sekitar 4000 hingga 5.000 lebih investor mancanegara akan datang dalam acara tahunan tersebut di bali serta puluhan ribu pelaku ekonom di berbagai belahan dunia akan memperhatikan Indonesia.

“Kehadiran para investor dan para petinggi perusahaan yang mengelolah portofolio triliunan dollar akan hadir di pertemuan nanti. Momentum ini dapat mengenalkan potensi Indonesia di mata penanam modal dunia.” ujar Peter Jacobs, Kepala Unit Khusus di Bank Indonesi.

Acara pertemuan IMF dan Bank Dunia di Bali akan dihadiri sekitar 3.500 hingga 4.000 delegasi resmi, kurang lebih 1000 pengamat ekonomi, kurang lebih 1000 wartawan, sekitar 1500 orang staff IMF dan Bank Dunia, serta institusi lainnya berkisar 1.000 orang. Apabila dihitung secara keseluruhan maka pertemuan yang dihadiri sekitar 15 ribu peserta dari 189 negara.

Pertemuan IMF dan Bank Dunia akan pertama kalinya diselenggarakan dengan  menghadirkan 10 pemimpin regional Asia Tenggara secara bersamaan dalam “ASEAN Leaders Meeting”.

Pertemuan ini akan terbagi dalam tiga sesi utama IMF dan Bank Dunia:

Pertemuan pertama yakni sidang umum IMFC yang akan dihadiri seluruh gubernur bank sentral dan “Development Committee” (DC) yakni para menteri keuangan.

Pertemuan kedua yakni pertemuan perwakilan 20 negara ekonomi dunia atau G-20, serta pertemuan negara berkembang atau G-24, pertemuan negara Brasil, Rusia, India, China dan Afrika Selatan atau BRICS serta pertemuan regional lainnya.

Sisanya adalah pertemuan yang dilaksanakan di Nusa Dua seperti seminar, diskusi dan acara jumpa media. Selebihnya 2.000 kegiatan paralel lainnya dilaksanakan di sekitar Kuta & Seminyak oleh pemerintah dan swasta beserta akademisi dan pihak terkait lainnya.