Mitsubishi UFJ Financial Masuki Tahap Awal Pengakuisisian Bank Danamon

80
Mitsubishi UFJ Financial Masuki Tahap Awal Pengakuisisian Bank Danamon

SAHAM.NEWS, JAKARTA – PT Bank Danamon Indonesia tbk (BDMN) kini telah resmi menjadi bagian dari Mitsubishi UFJ Financial Group Inc, The Bank of Tokyo-Mitsubishi UFJ Ltd (MUFG). Proses akuisisi emiten perbankan ini telah disepakati pada Selasa, 26 Desember 2017.

Dalam transaksi jual beli saham tersebut, MUFG membeli 73,8% saham BDMN dari Asia Financial Pte Ltd (AFI) dan entitas-entitas terafiliasi lainnya. Transaksi jual beli saham ini merupakan transaksi bersyarat yang melalui tiga tahapan. Pada tahapan pertama, MUFG akan membeli saham BDMN dilevel Rp 8.323 per saham dengan total 19,9% saham. Nilai estimasi yang harus disetorkan MUFG pada tahap ini adalah sebesar Rp. 15,87 triliun. Dengan skema ini maka AFI akan tetap menjadi pemegang saham mayoritas BDMN.

Untuk tahapan kedua, MUFG akan menambah kepemilikan sebesar 20,1% saham sehingga total kepemilikan pada tahap ini meningkat menjadi 40%. Tahap kedua ini dibidik akan rampung pada kuartal pertama sampai kuartal ketiga 2018 mendatang.

Sementara itu, untuk tahapan terakhir yaitu tahapan ketiga, MUFG akan membali saham BDMN diatas 40% sehingga pada proses akhir diharapkan total kepemilikan saham yang dipegang MUFG menjadi sebesar 73,8%. Pada tahap ini para pemegang saham BDMN lainnya diberikan kesempatan untuk tetap menjadi pemilik saham ataupun mendapatkan uang tunai dari MUFG.

Tan Chong Lee, President & Head, South East Asia Temasek selaku induk usaha dari AFI menyatakan bahwa pihaknya akan berkerjasama memastikan proses akuisisi ini berjalan dengan baik. Sementara itu, Sekretaris Perusahaan Bank Danamon, Rita Mirasari menegaskan bahwa aksi korporasi ini tidak akan mempengaruhi kegiatan perbankan perusahaan. Seluruh pelayanan dan aktivitas akan berjalan normal seperti biasanya.

Leave a Reply