Pelita Samudera Akan IPO Tawarkan 1 Miliar Saham

169

SAHAM.NEWS, JAKARTA –  PT Pelita Samudera Shipping merupakan Perusahaan pelayaran yang akan segera melaksanakan IPO di Bursa Efek Indonesia.

PT Pelita Samudera Shippong akan menerbitkan 1,006 miliar saham baru dengan nilai Rp 100 per lembar saham yang mana merupakan saham biasa. Rencana ini tertulis dalam prospektus perusahaan yang terbit pada Senin (6/11/2017),

Pelita Samudera juga akan menerbitkan MSOP sebesar 4,73% dari modal yang ditempatkan dan disetorkan atau sebanyak-banyaknya 250 juta. dan menawarkan saham perdana kepada karyawan yang berminat sekitar 10,6 juta lembar.

Penjamin emisi efek IPO Pelita Samudera ini adalah PT BCA Sekuritas. Masa penawaran awal penawaran umum saham ini akan berlangsung pada 7 November-13 November 2017. Dengan jadwal pencatatan saham sekitar 5 Desember 2017.

Saat ini, pemegang saham Pelita Samudera Shipping adalah Kendilo Pte. Ltd sebanyak 36,53%,disusul dengan PT Indoprima Marine sebanyak 59% dan Berty Ekel 4,47%.

Nantinya dana segar yang diperoleh dari IPO sebesar 60% dari total dana yang didapat akan digunakan untuk satu kapal mother vessel senilai US$8 juta atau setara Rp108,28 miliar. Perusahaan berkeyakinan bahwa pembelian kapal mother vessel tersebut dapat meningkatkan kapasitas armada perseroan. Sedangkan sisa dana 40% tersebut akan digunakan sebagian untuk membayar utang bank UOB Singapura dan membiayai modal kerja perusahaan seperti suku cadang, maintenance kapal dan pembelian bahan bakar.

Leave a Reply