Perbaiki Kinerja Awal Tahun, ABBA Bangkit Dari Kerugian

SAHAM.NEWS, JAKARTA – PT Mahaka Media Tbk (ABBA) mengawali pembukaan tahun ini mulus dimana perusahaan berhasil meningkatkan kinerjanya dengan cukup baik dibandingkan dengan tahun lalu. Asal tau saja, pada kuartal I tahun 2016, perusahaan bukannya mendapatkan keuntungan, namun malah harus rugi sebesar Rp7,04 miliar.

Dari segi pendapatan, tiga bulan pertama tahun ini ABBA menorehkan peningkatan pendapatan sebesar 21,17% yoy dari Rp56,3 miliar menjadi Rp68,3 miliar. Sebagian besar dari pendapatan tersebut diperoleh dari fee pengelolaan event yang mencapai Rp22,77 miliar. Selanjutnya, pendapatan terbesar kedua merupakan sumbangsi dari sirkulasi, iklan surat kabar, dan buku dengan dengan total mencapai Rp15,24 miliar. Pendapatan dari penyiaran televisi menduduki posisi ketiga dengan porsi sebesar Rp12,5 miliar. Selanjutnya, posisi keempat dengan total Rp10,45 miliar diperoleh dari pendapatan media luar ruang. Selebihnya sebesar Rp4,13 miliar, Rp2,52 miliar, dan Rp709,11 juta didapatkan dari pendapatan buku, program, serta penjualan majalah dan iklan majalah.

Dari segi beban pokok penjualan, perusahaan mencatatkan peningkatan seiring dengan peningkatan pendapatan sebesar 18% dari Rp30,9 miliar menjadi Rp36,47 miliar.

Peningkatan laba kotor perusahaan ini mempengaruhi perhitungan gross profit yang mana pada kuartal ini tercatat sebesar Rp31,8 miliar. Namun angka ini masih lebih tinggi jika dibandingkan dengan gross profit pada tahun sebelumnya yang hanya mencapai Rp25,4 miliar. Jika dipresentasekan, peningkatan tersebut mencapai 20,04%.

Dari lini bawah, ABBA mencatatkan laba bersih sebesar Rp176,7 miliar. Nilai ini melonjak tinggi dari tahun lalu yang mana perusahaan mengalami kerugian hingga Rp7 miliar.

Rekomendasi Saham Pilihan Gratis & Berita Saham Terbaru langsung ke hp anda: Ikuti Official Telegram Channel Saham.news & Official Telegram Grup Analis Saham.news