Pertumbuhan Rekening Simpanan Melambat, Masyarakat Alihkan Dana ke Instrumen Investasi Lain?

215
Pertumbuhan Rekening Simpanan Melambat, Masyarakat Alihkan Dana ke Instrumen Investasi Lain?

SAHAM.NEWS – Pada akhir tahun 2017 yang lalu, Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) mencatatkan perlambatan pertumbuhan rekening simpanan sebesar 0,11% month to month. Nilai ini merupakan hasil perhitungan LPS untuk periode bulan Oktober ke November 2017. Dari perhitungan tersebut, tercatat pertumbuhan rekening simpanan hanya berada di atas Rp2 miliar sebanyak 249.274 rekening.

Menanggapi hal ini, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menilai bahwa masyarakat tengah melakukan diversifikasi instrumen investasi. Melihat suku bunga simpanan yang saat ini sedang dalam tren menurun, masyarakat memilih untuk memindahkan dana mereka ke instrumen investasi lainnya.

Deputi Komisioner Pengawas Perbankan IV OJK Budi Armanto menjelaskan bahwa akibat penurunan suku bunga ini, masyarakat yang memiliki rekening besar akan berpindah dan hal ini bisa berdampak pada peningkatan pasar modal.

Namun, budi menegaskan perpidahan jumlah dana yang besar tidak akan mempengaruhi perbankan sehingga instrumen perbankan masih menjadi sarana investasi yang aman.

Selain perlambatan pertumbuhan rekening simpanan, kredit perbankan juga masih belum mencatatkan pertumbuhan yang signifikan. Oleh karenanya, dana yang tersedia dibank masih tersedia cukup banyak.

Facebook Comments