PPRO Kejar Akuisisi Lahan Untuk Proyek Aero City di Kertajati

200
PPRO Kejar Akuisisi Lahan Untuk Proyek Aero City di Kertajati

SAHAM.NEW, JAKARTA – Pekan ini, PT PP Properti Tbk (PPRO) akhirnya kembali menambah jumlah lahan yang berhasil diakuisisi untuk pembangunan proyek aero city di Kertajati, Jawa Barat.

Total lahan yang baru saja diakuisisi minggu ini adalah sebesar 70 ha. Dengan demikian, total land bank yang telah berhasil dibebaskan oleh perusahaan sejauh ini adalah 167 ha dari dari total target 200 ha. Selanjutnya, PPRO membidik untuk menambah jumlah lahan bebas sebanyak 50ha pada pekan depan. Asal tau saja, lahan tersebut digadang-gadang memiliki lokasi yang strategis karena dekat dengan kawasan Bandara Kertajati dan dekat dengan exit tol Cikopo-Palimanan (Cipali).

Untuk megaproyek ini, PPRO telah menyepakati kerjasama patungan dengan PT BIJB Aerocity Development yang merupakan anak usaha PT Bandara International Jawa Barat (BIJB) untuk mengembangkan kawasan mixed use dilahan seluas 300ha. Kawasan tersebut nantinya akan dilengkapi dengan hotel, apartemen, kantor, serta fasilitas lain yang mendukung bandara.

Untuk tahap awal, perseroan akan melakukan pembangunan apartemen yang mana penjualannya ditargetkan untuk perusahaan maskapai guna memenuhi kebutuhan asrama pegawai.

Rencananya, PPRO dan BIJB akan melakukan kerjasama pengembangan lainnya mengingat total luas lahan yang akan dikembangkan di Bandara Kertajati telah diperluas hingga menjadi 3000ha.

Sebagai tambahan informasi, saat ini penggunaan belanja modal PPRO masih tergolong cukup rendah. Dari total belanja modal tahun ini sebesar Rp3 triliun, perusahaan baru melakukan penyerapan sebesar Rp1,2 triliun atau setara dengan 40%. Efisiensi belanja modal tersebut dapat tercapai karena selain perusahaan menekan pengeluaran belanja lahan, para pemilik lahan juga melakukan investasi pembelian unit properti yang akan dibangun oleh PPRO sebelum perusahaan melakukan transaksi pembelian lahan.

Facebook Comments