PT Barito Pacific Tbk (BRPT) Cari Tambahan Dana Baru untuk Akuisisi Star Energy

PT Barito Pacific Tbk (BRPT) Cari Tambahan Dana Baru untuk Akuisisi Star Energy

SAHAM.NEWS, JAKARTA – PT Barito Pacific Tbk (BRPT) berencana untuk mencari sumber pendanaan baru untuk mengakuisisi Star Energy Group Holdings Pte Ltd (SEGHL). Sebelumnya, BRPT telah mencairkan US$ 250 juta untuk membayar uang muka akuisisi pada  Desember 2016 dan Maret 2017. Secara keseluruhan, total nilai uang muka yang dibayar telah mencapai US$300 juta. Namun, ternyata jumlah tersebut tidak mencukupi untuk memboyong 66,7% saham SEGHL.

Bulan Juni lalu, perusahaan asal Thailand BCPG Public Company Limited membeli saham 33,3% saham SEGHL senilai US$ 357 juta. Berdasarkan perhitungan ini, dapat disimpulkan bahwa total keseluruhan saham SEGHL mencapai US$ 1,07juta sehingga BRPT masih harus menyetor tambahan US$ 415 juta untuk menyelesaikan akuisisi itu. Porsi resmi untuk akusisi ini memang belum dipaparkan jelas oleh perusahaan. Diperkirakan dalam satu atau dua bulan mendatang perusahaan akan memberikan gambaran lebih jelas mengenai hal ini.

Untuk mendapatkan dana tambahan, BRPT berencana untuk menerbitkan saham baru atau right issue serta mencari tambahan dana lewat pinjaman ke perbankan. BRPT menargetkan akuisisi Star Energy tuntas paling lambat di kuartal I-2018.