PT Express Transindo Utama Tbk (TAXI) Pinjam Rp 37,5 miliar Untuk Operasional dari Induk Usaha

PT Express Transindo Utama Tbk (TAXI) Pinjam Rp 37,5 miliar Untuk Operasional dari Induk Usaha

SAHAM.NEWS, JAKARTA – PT Express Transindo Utama Tbk (TAXI) baru saja memperoleh dana pinjaman dari pemegang mayoritas saham milik perusahaan yaitu PT Rajawali Corpora (RC). Dana sebesar Rp 37,5 yang diperoleh TAXI dari induk usahanya ini akan dipergunakan untuk mendanai kegiatan operasional perusahaan dan kegiatan usaha lainnya.

Dalam keterbukaan informasi yang beredar di Bursa Efek Indonesia (27/9), Megawati Affan, Sekretaris Perusahaan TAXI menjelaskan bahwa penandatanganan perjanjian ini telah dilaksanakan pada tanggal 25 September 2017. Didalam perjanjian tersebut, TAXI sepakat untuk membayarkan bunga sebesar 5% per tahun dengan masa tenor lima tahun. TAXI juga menegaskan bahwa pinjaman ini merupakan transaksi afiliasi karena PT RC memegang 51% saham milik perusahaan sampai saat ini.

Sebagai catatan, performa kinerja keuangan perusahaan telah mencatatkan kerugian dari tahun 2016 lalu. Pada semester pertama tahun ini, pendapatan perusahaan kembali turun sebesar 57,56% secara yoy dari tahun lalu sehingga mencatatkan kerugian yang lebih dalam mencapai Rp133,11 miliar naik dari rugi Rp42,89 miliar tahun sebelumnya.