Rating Antam (ANTM) Terkerek Naik Oleh S&P Global Rating

Berita Analisa Saham IHSG ndonesia

SAHAM.NEWS, JAKARTA – PT Antam Tbk. (ANTM) mendapat kenaikan rating peringkat dari S&P Global Ratings menjadi positif dari sebelumnya stabil. S&P Global Ratings telah mengkonfirmasi kenaikan peringkat kredit jangka panjang ANTM menjadi level B- (b minus).

ANTM memiliki outlook positif seiring dengan prospek kinerja perusahaan dan rencana ekspansi ke industri hilir mineral logam.

“Kami percaya bahwa perkembangan penyelesaian pabrik feronikel baru di Pomalaa,Sulawesi Tenggara, kemudian kuota ekspor tambahan yang meningkat menjadi 27.000 ton—30.000 ton per tahun, serta Transaksi pembelian saham 20% Showa Denko K.K (SDK) Jepang di PT Indonesia Chemical Alumina (ICA) akan segera rampung pertengahan agustus bulan depan. ” ujar tim analis S&P dalam laporan yang dipublikasikan.

Peringkat B- yang diberikan untuk ANTM masih berpotensi untuk naik dimasa akan datang, namun resiko utang yang tinggi membuat pertumbuhan ANTM akan berjalan stabil.

S&P sendiri memprediksi rasio utang ANTM terhadap EBITDA berada di kisaran 4 sampai 4,5x untuk tahun 2018 dan 2019. Nilai leverage tersebut telah menurun dari tahun 2016 & 2017 sebesar 14x dan 6,6x.

Perusahaan ANTM berpotensi mengalami peningkatan seiring dengan proyek yang ada serta kemampuan manajemen dalam mempertahankan likuiditas perusahaan.

Facebook Comments