Rupiah Menguat, EXCL Peroleh Kenaikan Laba

Rupiah Menguat, EXCL Peroleh Kenaikan Laba

SAHAM.NEWS, JAKARTA – Penguatan nilai tukar rupiah terhadap dolar membawa dampak positif pada perusahaan telekomunikasi di Indonesia, salah satunya PT XL Axiata Tbk (EXCL).

Laba bersih yang diperoleh EXCL pada tahun 2016 sebesar naik menjadi Rp 376 miliar, ungkap Dian Siswarini selaku Presdir EXCL. Nilai ini membaik jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang mana EXCL bukannya untung namun harus merugi Rp25 miliar.

Walaupun terjadi kenaikan laba, ternyata pendapatan EXCL tahun 2016 turun sebesar Rp 1,5 triliun dibandingkan tahun sebelumnya. Hal itu disebabkan oleh pergeseran layanan voice dan SMS ke layanan data pada kuartal IV-2016.

Expansi EXCL dalam meningkatkan cakupan dan kualitas jaringan data dan investasi berkelanjutan menyebabkan subangsi pendapatan layanan data dapat meningkat menjadi 50% dari total pendapatan tahun 2016. Padahal pada tahun sebelumnya pendapatan dari sektor ini tercatat hanya 31% di tahun 2015. Selain itu penghematan di seluruh aktifitas bisnis dan perpanjangan sewa tower juga membuahkan hasil yang manis karena meningkatkan margin EBITDA EXCL 1% menjadi 37,6% ditahun 2016 dari margin tahun 2015.

Disebutkan, pelanggan EXCL juga mengalami peningkatan 11% di tahun 2016 mencapai 46,5 juta pelanggan dan pendapatan per pelanggan (ARPU) naik sebesar Rp 1000 per pelanggan.

Pengamat pasar modal Satrio Utomo memprediksi pertumbuhan ekonomi yang bagus akan berdampak baik untuk industri telekomunikasi di Indonesia dan diyakini tren positif tersebut akan terus terjadi pada EXCL kedepan.