Rusia Siap Dukung Perpanjangan Perjanjian OPEC Pekan Ini di Vienna

123
Rusia Siap Dukung Perpanjangan Perjanjian OPEC Pekan Ini di Vienna

SAHAM.NEWS – Jelang rapat OPEC yang akan digelar pada 30 November 2017 di Vienna, Rusia telah buka suara bahwa negaranya akan mendukung kembali memperpanjang perjanjian OPEC yang akan segera berakhir pada Maret 2018 mendatang. Berbeda dengan Arab Saudi yang telah memaparkan jelas bahwa negaranya mendorong perpanjangan perjanjian OPEC selama sembilan bulan sampai akhir 2018, Rusia belum menjelaskan lebih detail mengenai jangka waktu yang disepakati dalam perjanjian itu.

Dilansir dari Reuters, Menteri Energi Rusia, Alexander Novak mengatakan bahwa Rusia akan membahas rincian tersebut lebih lanjut di rapat OPEC pekan ini. Novak juga menyatakan, sejauh ini OPEC telah sukses memangkas 50% stok minyak dunia sehingga harga minyak telah mencapai keseimbangan. Namun demikian, target rebalancing secara berkesinambungan saat ini belum sepenuhnya tercapai sehingga ekstensi dari perjanjian OPEC masih dibutuhkan.

“Rusia mendukung perpanjangan perjanjian ini dan beberapa opsi sedang didiskusikan”, ujar Novak pada Forum Negara Pengekspor Gas di Bolivia pada Jumat (24/11) waktu setempat.

Dengan kesepakatan ini, Rusia dan OPEC tengah mendiskusikan bagaimana OPEC dapat menyesuaikan perpanjangan perjanjian tersebut dengan mempertimbangkan permintaan Rusia, termasuk jumlah pemotongan minyak yang diperlukan untuk mencapai kestabilan harga yang berkesinambungan.

Sehari sebelum pernyataan Novak pada forum tersebut, Menteri Ekonomi Rusia Maxim Oreshkin sempat menyampaikan bahwa keikutsertaan Rusia dalam perjanjian OPEC telah sangat berdampak pada pertumbuhan ekonomi negaranya. Tidak dapat dipungkiri bahwa pendapatan Rusia sangat bergantung dari sektor minyak sehingga pihaknya khawatir bahwa kenaikan harga yang tajam akan diikuti oleh dampak lainnya yang tidak diinginkan.

Pekan ini, kantor berita TASS Rusia juga melaporkan bahwa produsen minyak dan Kementerian Energi Rusia telah menggelar pertemuan untuk membahas perpanjangan perjanjian OPEC selama enam bulan.

Sumber: Reuters dan Bloomberg

 

Leave a Reply