SMMA Rencanakan Buyback 636,76 juta Saham

SMMA Rencanakan Buyback 636,76 juta Saham

SAHAM.NEWS, JAKARTA – Dalam waktu dekat, PT Sinar Mas Multiartha Tbk (SMMA) akan melakukan aksi pembelian kembali 636,76 juta saham milik perusahaan di public atau eqivalent dengan 0% dari modal ditempatkan dan disetor penuh.

Adapun tujuan pembelian kembali saham publik tersebut dilakukan untuk investasi saham treasuri dengan jangka waktu tiga tahun. Saat ini arus kas perusahaan mengalami execss free cash sehingga SMMA perlu mengambil langkah buyback ini untuk mengembalikan kelebihannya kepada para pemegang saham.

Aksi ini tidak akan dilakukan dalam satu tahap, melainkan akan dipecah menjadi beberapa jenjang tahapan. Demi memuluskan aksi tersebut, perusahaan akan meminta restu kepada para pemegang saham terlebih dahulu sebelum melakukan transaksi ini ditiap tahap lewat Rapat Umum Pemegang Saham (RUPST) yang akan diselenggarakan pada 2 Juni 2017 hingga Desember 2018 mendatang.

Disebutkan, SMMA akan melakukan penawaran dengan harga yang lebih rendah atau setara dengan harga saham yang ditransaksikan baru-baru ini. Asal tahu saja, saat ini SMMA diperdagangkan pada level Rp8.025 per lembar.

Perusahaan juga telah menganggarkan Rp5,2 triliun. Sumber pendanaan ini dialokasikan dari laba ditahanyang disisihkan perusahaan tiap tahunnya dari perolehan laba bersih yang telah dikurangi pembagian dividen.

 

Dengan adanya aksi ini, maka diprediksikan SMMA akan mengalami kenaikan return on asset sebesar 2,28kali menjadi 2,46 kali. Selain  return on asset, ratio return on equity juga akan diproyeksikan meningkat dari 8,26 kali menjadi 11,08 kali.