Tambah Pemasukan, ANTAM Segera Bangun Smelter di Sorong

SAHAM.NEWS, JAKARTA – PT Aneka Tambang tbk (ANTM) sedang melakukan studi kelayakan partner untuk pembangunan fasilitas smelter di Sorong, Papua atau Kawasan Ekonomi Khusus Halmahera Timur.

“Seleksi partner ini berkaitan dengan produksi nikel ore yang baru pada tahun 2017 dilakukan Antam di Pulau Gag, Raja Ampat, Papua. Sudah 4 perusahaan yang mengajukan, tiga dari cina dan sisanya dari Filipina.” ujar Arie Prabowo Ariotedjo, Direktur Utama Antam.

Pemenang lelang kerjasama ini akan diumumkan pada Agustus dengan biaya pengembangan hilirisasi sampai $ 1 miliar untuk kapasitas smelter 400.000 ton nikel hingga 500.000 ton per tahun. Pembangunan smelter akan bersifat patungan karena porsi Antam yang paling besar.  ANTM akan melakukan divestasi saham pada konsesi lahan Kontrak Karya di Pulau Gag, baru hasil divestasi tersebut nantinya akan menjadi equitas kita di downstream (pembangunan smelter)

Pembangunan smelter ini sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) No. 01 tahun 2017 tentang Pelaksanaan Kegiatan Usaha Pertambangan Mineral dan Batubara (Minerba) yang mewajibkan eksportir untuk melakukan pengolahan dan pemurnian melalui smelter.

“Sumber cadangan nikel ore mencapai 391 juta ton di Kontrak Karya Pulau Gag dengan target produksi mencapai 900.000 ton nikel ore untuk tahun 2018 ini. kata Arie.

Rekomendasi Saham Pilihan Gratis & Berita Saham Terbaru langsung ke hp anda: Ikuti Official Telegram Channel Saham.news & Official Telegram Grup Analis Saham.news