Jelang Akhir Tahun, BEI Tambah Daftar IPO jadi 38 Perusahaan

80

SAHAM.NEWS, JAKARTA – PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menaikkan target IPO perusahaan dari semula 35 perusahaan menjadi 38 perusahaan sampai akhir tahun ini. Padahal hingga hari ini 25 Oktober 2017, tercatat baru 27 perusahaan yang telah menggelar IPO dan masih ada 11 perusahaan tersisa yang ditargetkan selesai listing sampai akhir tahun ini.

“Akhir-akhir ini banyak Perusahaan melakukan IPO disebabkan oleh kondisi makro ekonomi yang kondusif,” ujar Samsul Hidayat, Direktur Penilaian Perusahaan.

Regulasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pun mendukung dengan memberikan stimulus kepada perusahaan UMKM agar mempertimbangkan IPO sebagai sarana ekspansi usaha menjadi lebih besar.

Berdasarkan data terbaru BEI, terdapat 27 perusahaan IPO sepanjang 2017 dengan total emisi sebesar Rp5,61 triliun. Sedangkan tahun 2016 lalu, hanya 14 perusahaan yang melakukan IPO dengan total emisi sebesar Rp12,07 triliun.

“Dari jumlah emisi masih besar tahun lalu, namun tahun 2017 ini terdapat peningkatan dari jumlah perusahaan,” lanjur Samsul.

Salah satu contoh perusahaan yang sedang dalam antrian listing pada Desember 2017 adalah PT Campina Ice Cream Industry yang dalam mini expose terbarunya, perusahaan memaparkan kepememilikan aset mencapai Rp1 triliun dengan rencana pelepasan saham sebesar 30%. Kendati demikian, belum ada bocoran mengenai harga penawaran emiten es krim ini.

 

Leave a Reply