TAXI Kantongi Pinjaman Rp16,5 miliar dari Rajawali Corpora

TAXI Kantongi Pinjaman Rp16,5 miliar dari Rajawali Corpora

SAHAM.NEWS, JAKARTA – PT Express Transindo Utama tbk (TAXI) mengantongi pinjaman sebesar Rp16,5 miliar dari pemegang saham utama perseroan yaitu PT Rajawali Corpora. Asal tau saja, sampai saat ini Rajawali Corpora memegang 51% saham TAXI.

Lewat keterbukaan informasi yang beredar di Bursa Efek Indonesia, emiten transportasi ini menjelaskan bahwa perusahaan telah menandatangani Perjanjian Pinjaman pada tanggal 22 Desember 2017 yang lalu. Adapun pinjaman tersebut diberikan dengan jangka waktu selama 5 tahun dan bunga sebesar 4,5% per tahun.

Megawati Affan, Corporate Secretary perseroan memaparkan, dana yang diperoleh dari pinjaman itu akan dialokasikan untuk mendukung kegiatan usaha dan operasional perseroan.

Kinerja TAXI sepanjang tahun ini memang sangat tertekan. Hingga kuartal-III tahun ini, perusahaan taksi berlogo rajawali ini hanya mengantongi pendapatan sebesar Rp 231,62 miliar, merosot 54,81% dari pendapatan perusahaan pada periode yang sama tahun lalu sebesar Rp512,57 miliar.

Penurunan drastis pendapatan ini didorong oleh anjloknya pendapatan dari bisnis utama perseroan, yaitu bisnis taksi sebesar Rp 197,09 miliar. Padahal, pada kuartal yang sama ditahun lalu, TAXI masih mampu mencetakan pendapatan dari lini bisnis ini sebesar Rp 461,71 miliar. Hal ini dperparah dengan anjloknya pendapatan dari lini usaha suku cadang yang turun 76,85% ke Rp5,35 miliar. Sementara itu, pendapatan dari lini usaha sewa kendaraan mampu tumbuh 8,59% menjadi Rp28,88 miliar. Dengan penurunan pendapatan tersebut, TAXI mencatatkan peningkatan kerugian hingga 157,41% dari Rp 81,8 miliar pada periode yang sama tahun lalu menjadi Rp 210,57 miliar.

Akibat penurunan kinerja usaha yang drastis tahun ini, hingga Juni lalu TAXI juga telah melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) terhadap 250 karyawan. Perseroan juga berencana untuk melakukan penjualan beberapa aset, seperti tanah dan rumah toko. Sejak awal Desember, saham TAXI telah anjlok ke level Rp50 dan tidak beranjak sampai pada perdagangan hari ini.