Ternyata ini Rahasia Sukses Investasi Saham Ala Lo Kheng Hong

Investasi merupakan salah satu cara tepat menabung untuk masa depan. Salah satu investasi yang cukup menguntungkan yaitu investasi saham. Para pelaku investasi terutama dalam jenis saham tentu sudah mengenal Lo Kheng Hong. Lo Kheng Hong atau yang sering disebut LKH merupakan salah satu orang yang paling berpengaruh dalam dunia investasi. LKH menjadi salah satu panutan para investor saham yang lainnya karena gaya investasinya yang cukup unik. Selain itu, gaya investasi ala LKH sudah menjadi patokan dan banyak ditiru oleh beberapa orang supaya mendapatkan profit secara efektif dari investasi saham, Inilah kisah dari LKH yang bisa ditiru oleh para investor pemula.

Awal Investasi Saham Lo Kheng Hong

Lo Kheng Hong memulai investasi saham pada usia muda yaitu 30 tahun. LKH memulai untuk investasi saham pada saat dirinya bekerja di sebuah bank pada bagian tata usaha. Gaji yang diterima LKH tidaklah banyak namun selalu menyempatkan diri untuk menyisihkan keuangannya. Salah satu sistem manajerial finansial yang selalu dilakukan oleh LKH hingga sukses dalam hal investasi yaitu menyisihkan gaji dan hidup hemat. Dengan gaji yang apa adanya serta kehidupannya yang sederhana, LKH memberanikan diri untuk mulai membeli saham.

Kerugian Dalam Investasi Saham

Investasi saham sama halnya dengan jenis investasi yang lainnya. Harga saham tak selalu selamanya berada diatas maupun dibawah. Harga saham selalu mengalami dinamika setiap harinya. Sebelum LKH menjadi seseorang yang berpengaruh seperti saat ini, LKH pernah mengalami kerugian saat mengikuti investasi di pasar saham. Kerugian ini dirasakan saat membeli saham dari IPO. Ini merupakan salah satu pelajaran yang bisa diambil sebelum memulai kesuksesan dalam berinvestasi. Kesalahan dalam pengambilan keputusan karena membeli saham dari IPO membuat dirinya merugi. LKH mengambil keputusan untuk membeli saham dari IPO karena dia memprediksi bahwa IPO akan memberikan keuntungan yang lebih bahkan memberikan capital gain. Namun, dalam keadaan merugi LKH memberanikan diri untuk menjual saham tersebut.

Meksipun mengalami kerugian yang cukup besar, LKH tidak putus asa dan bangkit dari keterpurukan itu untuk membeli saham kembali. Salah satu hal yang membuat LKH berani untuk membeli saham yaitu dengan melihat cerita dan kesuksesan dari Warren Buffett. Warren Buffett merupakan salah satu investor saham paling sukses di dunia yang berasal dari Amerika Serikat. Tak sedikit buku Warren Buffett yang sudah dibaca oleh LKH untuk menjadi salah satu motivasi sehingga bisa menjadi seorang investor yang sukses.

Konsisten Dalam Kehidupan

Salah satu hal yang selalu membuat LKH menjadi seorang investor yang sukses yaitu pintar dalam memanage keuangan. Meskipun sudah memiliki kehidupan finansial yang cukup baik bahkan lebih, LKH selalu menjadi pribadi yang konsisten yaitu dengan menjadi seorang yang sederhana dan selalu berhemat. Sama halnya dengan pepatah “hemat pangkal kaya”, hal inilah yang dilakukan oleh LKH. Pada awal mula mengikuti pasar saham, LKH bekerja sebagai karyawan bank yang berpenghasilan Rp 350.000,- per bulannya. LKH juga pernah pindah pekerjaan sebagai staff pemasaran dan mendapatkan penghasilan Rp 1.050.000,-. Gaji yang diterima mengalami peningkatan yang cukup pesat hhingga 3 kali lipat.

Meskipun beberapa orang berpendapat bahwa semakin tinggi gaji yang didapat segaris dengan gaya hidup yang makin tinggi pula. Namun, hal itu tidak merubah pribadi LKH. LKH terus konsisten menjadi pribadi yang sederhana dan selalu menyisihkan uangnya untuk investasi saham. LKH mulai menekuni dalam bidang investasi saham setelah 17 tahun bekerja. Dia memutuskan untuk berhenti dan fokus pada investasi yang dilakoninya. Profit yang didapatkannya dalam berinvestasi membuat LKH berani menginvestasikan kekayaannya sebesar 85% untuk investasi saham sedangkan sisanya, dia gunakan untuk keperluan yang mendadak.

Mencapai Kebebasan Finansial, Inilah Hal yang Tidak Dimiliki LKH

Meskipun sudah mendapatkan profit yang cukup banyak hingga mencapai pada titik kebebasan finansial, ternyata inilah 5 hal yang tidak dimiliki oleh LKH. Namun, 5 hal ini tak lantas membuat LKH merasa merugi dan mempermasalahkannya.

  • LKH tidak memiliki kantor untuk bekerja. Bagi seseorang yang bekerja sebagai seorang investor, LKH tidak membutuhkan kantor untuk mendapatkan uang.
  • LKH tidak memiliki karyawan. LKH bekerja sendiri dan untuk diri sendiri sehingga LKH tidak membutuhkan karyawan yang membantunya bekerja.
  • LKH juga tidak memiliki pelanggan karena LKH tidak membutuhkan pelanggan dan mendapatkan komisi apapun.
  • LKH tidak memiliki bos. Seorang yang bekerja atau mendapatkan uang melalui membeli saham tidak memiliki bos atau atasan yang bisa menyuruh dan menggaji LKH.
  • LKH tidak memiliki hutang. Dengan gaya hidupnya yang selalu sederhana dan bisa mengatur keuangannya dengan baik, LKH tidak memiliki hutang sepeserpun.

Rahasia Sukses Investasi Saham

LKH memiliki rahasia atau cara supaya bisa mendapatkan keuntungan lebih saat investasi saham. Salah satu cara untuk bisa sukses dalam investasi yaitu sabar dalam memegang saham. LKH memiliki cara khusus untuk memiliki saham yang akan digunakan untuk investasi. Ada beberapa kriteria yang harus diperhatikan menurut LKH saat akan memilih saham.

  • Manajemen Perusahaan yang Baik

Untuk investasi saham disuatu perusahaan, hal pertama yang harus diperhatikan yaitu sistem manajemen suatu perusahaan. Perusahaan yang dikelola dengan baik oleh orang yang professional serta jujur bahkan bersih dari korupsi merupakan hal yang penting. Para investor pemula bisa melihat suatu perusahaan dikelola dengan baik atau tidak dengan melihat analisa GCG atau Good Corporate Governance)

  • Masa Depan Perusahaan

Selain melihat sistem tata kelola perusahaan, melihat prospek atau masa depan dan kemajuan dari perusahaan merupakan hal yang perlu diperhatikan. Para investor harus bisa melihat prospek perusahaan dengan flashback dari 5 hingga 10 tahun kebelakang. Apakah perusahaan tersebut terus meningkat setiap tahunnya atau tidak.

  • Memperhatikan NPM dan ROE yang Tinggi

Memilih perusahaan yang tepat untuk investasi bisa dilihat dari perolehan labanya. Investor bisa melihat dari NPM (Net Profit Margin) untuk melihat laba dari suatu perusahaan selalu stabil atau tidak. Perusahaan tersebut memiliki laba yang besar ataupun tidak setiap tahunnya. Serta melihat ROE (Return on Equity) atau pengembalian ekuitas perusahaan. Perusahaan yang memiliki ROE tinggi biasanya memiliki NPM yang tinggi pula. Sehingga perolehan profi yang selalu tinggi bisa menjadi salah satu hal yang wajib dipertimbangkan.

  • Kenaikan Laba

Sama halnya dalam melihat NPM dan ROE, perusahaan dengan laba yang terus meningkat bisa menjadi salah satu perusahaan yang cocok untuk investasi. Dengan perolehan laba yang selalu meningkat, maka investorpun mendapatkan keuntungan yang sangat banyak.

  • PER dan PBV Kecil

Untuk menilai suatu perusahaan yang cocok digunakan untuk investasi, LKH selalu melihat PER dan PBV disuatu perusahaan. Hal ini dimaksudkan untuk melihat peluang harga saham. Perusahaan yang memiliki PER dan PBV rendah memiliki harga saham yang rendah atau murah.

Selain melihat beberapa hal tersebut, LKH selalu haus akan informasi keuangan. Hal ini dimaksudkan untuk menentukan keputusan dalam berinvestasi. Keputusan investasi dengan memperbarui informasi sangatlah penting karena bisa sangat berguna sehingga tidak mengalami kerugian. LKH selalu memperkaya informasi melalui berbagai media masa. Untuk menghindari kerugian dan kegagalan yang pernah dilakukan oleh LKH, LKH selalu memperhitungkan dengan detail dan memperkaya diri dengan informasi-informasi ekonomi sehingga bisa menentukan keputusan untuk investasi dengan tepat. Investasi ala Lo Kheng Hong bisa menjadi salah satu cara yang tepat dan menguntungkan bagi para investor pemula.

Rekomendasi Saham Pilihan Gratis & Berita Saham Terbaru langsung ke hp anda: Ikuti Official Telegram Channel Saham.news & Official Telegram Grup Analis Saham.news