The Fed Naikan Suku Bunga Amerika Menjadi 0,5%

535
The Fed Naikan Suku Bunga Amerika Menjadi 0,5%

SAHAM.NEWS – Setelah menaikan suku bunga acuan pada awal tahun, Rabu (13/11) waktu setempat, The Federal Reserve kembali menaikkan suku bunga Amerika Serikat sebesar seperempat poin dari presentase awal yaitu 0,25% menjadi 0,5%.

Jumlah kenaikan suku bunga tersebut sesuai dengan yang telah diperkirakan oleh para ekonom dan analis melihat pertumbuhan ekonomi AS yang kian membaik sepanjang tahun 2017. Langkah pemerintah AS untuk menaikan suku bunga ini juga tidak terlepas dari komitmen Bank Sentral untuk melakukan pengetatan kebijakan moneter secara bertahap.

“Aktivitas ekonomi telah meningkat pada tingkat yang solid, kenaikan lapangan kerja juga telah solid,” ujar komite pengaturan kebijakan The Fed.

Setelah kenaikan suku bunga ini, The Fed memproyeksikan masih akan ada kenaikan lebih lanjut yang masing-masing direncanakan pada tahun 2018 dan 2019 sebelum tingkat bunga jangka panjang sebesar 2,8% tercapai.

Dilain sisi, target The Fed untuk terus menaikan suku bunga tersebut juga dibayangi oleh resiko inflasi yang terlalu rendah. Asal tau saja, saat ini inflasi AS masih on track dengan target The Fed yaitu berada dibawah 2%. Kekhawatiran tersebut menyebabkan dua dari pejabat The Fed, Charles L. Evans selaku Presiden Federal Reserve Bank of Chicago dan Neel Kashkari selaku Presiden Federal Reserve Bank of Minneapolis tidak setuju dengan kenaikan suku bunga yang terkesan terlalu cepat. Dalam sebuah pernyataan publik baru-baru ini, keduanya mengatakan bahwa The Fed harus menunggu untuk menaikkan suku bunga sampai ada bukti yang lebih jelas bahwa suku bunga yang lebih tinggi dibutuhkan untuk mencegah inflasi yang meningkat terlalu cepat.

Sumber: Reuters dan New York Times

Leave a Reply