Tiga Bulan Petama, Kinerja TKIM Terpantau Stagnan

SAHAM.NEWS, JAKARTA – PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk (TKIM) baru saja merilis kinerja keuangan perusahaan untuk tiga bulan pertama tahun 2017. Sejauh ini, TKIM membukukan penjualan yang stagnan jika dibandingkan secara year on year dari tahun 2015.

Menilik laporan keuangan yang diterbitkan perusahaan pada Bursa Efek Indonesia (BEI), dari sisi pendapatan, TKIM membukukan kenaikan tipis dari Rp3,60 triliun menjadi Rp3,61 triliun atau sebesar US$271,27 juta. Pendapatan tersebut disumbangkan dari dua segmen yang berbeda. Segmen yang berkontribusi paling besar dengan sumbangsi US$252,32 juta adalah produk kertas, sedangkan sisanya sebesar US$18,94 juta diperoleh dari produk pengemas dan lainnya.

Selanjutnya, beban pokok penjualan mengalami kenaikan tipis sebesar 0,09% menjadi US$245,6 juta. Hal ini berujung pada penurunan tipis laba kotor perusahaan sebesar 0,93% menjadi US$24,66.

Laba usaha perusahaan terpantau melambung tinggi sebesar 92,88% jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu menjadi US$5,76 juta. Namun saat memasuki perhitungan laba bersih, perusahaan harus mengalami penurunan sebesar 13,7% dari Rp128,3 miliar menjadi Rp102,8 miliar atau US$18,89 juta.

Sebagai tambahan informasi, TKIM bergerak di bisnis manufaktur kertas. Produk-produk perusahaan meliputi berbagai macam kertas seperti uncoated dan coated paper serta specialties paper seperti grease proof, kraft paper, drawing paper, dan briefcard. Selain kertas, perusahaan juga memproduksi peralatan kantor, produk cairan kimia, dan karton.

Rekomendasi Saham Pilihan Gratis & Berita Saham Terbaru langsung ke hp anda: Ikuti Official Telegram Channel Saham.news & Official Telegram Grup Analis Saham.news