TINS Mulai Jajaki Sektor Tambang Timah di Nigeria

207
TINS Mulai Jajaki Sektor Tambang di Nigeria

SAHAM.NEWS, JAKARTA – Tidak puas dengan capaian kinerjanya saat ini di dalam negeri, PT Timah Tbk  (TINS) terus melakukan ekspansi untuk memperluas bisnis perseroan bahkan sampai ke benua Afrika. Baru-baru ini TINS telah menandatangani Joint Venture Agreement dengan salah satu perusahaan asal Nigeria, Topwide Ventures Ltd. Penandatanganan kesepakatan kerjasama dilakukan secara langsung oleh Direktur Utama TINS, M Riza Pahlevi dengan CEO Topwide Ventures Ltd, Senator Annie Okonkwo yang disaksikan juga oleh Duta Besar RI Abuja, Harry Purwanto dan Chairman Nigeria Solid Mineral Fund, Alhaji Uba Saidu Malami pada Senin (11/12) awal pekan ini di Abuja, Nigeria.

Dalam perjanjian tersebut, TINS dan Topwide Ventures Ltd sepakat untuk berkolaborasi dalam studi kelayakan investasi, survei pemetaan geologi, pengeboran eksplorasi awal, serta melakukan pengujian sampel secara mendetail. Selanjutnya setelah tahapan tersebut selesai, kedua perusahaan sepakat untuk membentuk perusahaan patungan yang akan memiliki dan eksplorasi, operasi penambangan, pemrosesan dan pemurnian, pengangkutan, penjualan dan pemasaran timah serta mineral turunannya di Nigeria. Kegiatan konstruksi akan dilaksanakan setelah New Corporation tersebut terbentuk.

Untuk ekspansi ini, Indonesia mendapatkan apresiasi dari Chairman Solid Mineral Nigeria Alhaji Saidu Malami karena telah berani memulai investasi di sektor tambang Nigeria. Asal tau saja, Nigeria diperkirakan memiliki 2-10 juta ton cadangan timah namun sampai saat ini potensi penambangan yang berjalan masih belum maksimal, hanya berkisar di 500 ton per tahun.

Pemerintah Nigeria mengharapkan, kerjasama tersebut dapat mendorong peningkatan penambangan timah di negaranya dan memberikan kontribusi positif baik bagi Indonesia dan Nigeria.

Facebook Comments