Waskita Toll Gelontorkan Rp20 miliar Untuk Bisnis E-Toll

SAHAM.NEWS, JAKARTA Trend maraknya bisnis e-toll yang digencarkan oleh pemerintah akhir-akhir ini memicu PT Waskita Toll Road (WTR), operator jalan toll anak perusahaan PT Waskita Karya (WSKT), siap untuk menggunakan e-toll di setiap gardu tol miliknya mulai akhir Oktober mendatang.

“Kami siap akhir Oktober operasi non-tunai semua, sedangkan saat ini porsi e-toll masih dibawah 60%”, ujar Herwidiakto, Presdir Waskita toll road (24/10).

Saat ini, WTR mengoperasikan dua ruas jalan tol Trans Jawa yaitu ruas tol Kanci-Pejagan sepanjang 35 km dengan komposisi non tunai sebesar 35% dan ruas tol Pejagan-Pemalang sepanjang 57 km dengan komposisi non tunai sebesar 42%.

Selan itu, Herwidiakto juga menjelaskan bahwa perusahaan akan menyiapkan capex sekitar Rp 20 miliar untuk penerapan gardu toll guna melayani transaksi non tunai. Rencananya, satu gardu tol membutuhkan biaya sekitar Rp 900 juta.

Meskipun demikian, perusahaan juga tidak akan luput dari beberapa kendala dalam menjalankan proyek ini. Kendala-kendala yang akan diantisipasi perusahaan antaralain seperti kesulitan top up maupun angka pengguna kartu etoll dari bank sindikasi yang masih rendah ditambah dengan keterbatasan kartu e-toll.