XL Axiata Segera Tambah 17.000 Unit BTS di Seluruh Indonesia

74
XL Axiata Segera Tambah 17.000 Unit BTS di Seluruh Indonesia

SAHAM.NEWS, JAKARTA – Pada tahun 2018 ini PT XL Axiata Tbk (EXCL) akan merealisasikan sejumlah agenda ekspansi, termasuk diantaranya yaitu menambah jumlah base transceiver station (BTS) di seluruh Indonesia.

Tidak tanggung-tanggung, emiten yang bergerak dibidang telekomunikasi ini membidik untuk menambah BTS sebanyak 17.000 unit. Daerah dan kota diluar Pulau Jawa akan menjadi target operasi rencana ekspansi ini. Mengingatkan saja, tahun 2017 EXCL juga memprioritaskan penambahan BTS diluar Pulau Jawa hingga mencapai 60% dari total BTS yang berhasil ditambahkan sepanjang tahun.

Memasuki bulan pertama diawal tahun ini, EXCL tengah fokus untuk mempersiapkan tahapan akhir sebelum terjun menjalankan rencana ekspansi tersebut. Disebutkan, perencanaannya tidak akan berbeda jauh dengan rencana pada bisnis tahun sebelumnya.

Sebagai tambahan informasi, EXCL telah menyiapkan belanja modal sebesar Rp7 triliun untuk tahun 2018 namun nilai ini belum final. Jika pada akhirnya belanja modal tersebut berada dinilai demikian makan nilainya tidak akan jauh berbeda dengan jumlah belanja modal pada tahun lalu. Untuk mendanai belanja modal ini, EXCL akan mengucurkan dana dari kas internal yang juga akan ditambah dengan pinjaman eksternal.

 

Dari keseluruhan belanja modal tersebut, 70% akan dialokasikan untuk memperkokoh infrastruktur layanan data. Beberapa tahun belakangan, EXCL memang telah fokus memberluas bisnis data, apalagi dengan adanya teknologi 4G. Kiat perusahaan ini tercerminkan dari jumlah kontribusi pendapatan dari segmen ini yang berperan sebagai penyumbang utama sebesar lebih dari 50% selama tiga tahun belakangan.

Sementara itu, 30% sisa dana belanja modal selanjutnya akan dialokasikan untuk pengeluaran bisnis non-data seperti pengembangan teknologi informasi (TI), strategi pemasaran dan lain-lain.

Leave a Reply